99dewa – Apa itu Kista Ovarium dan Sumber terpercaya

Apakah ovarium dan seberapa besar mereka?

Indung telur adalah salah satu sepasang kelenjar reproduksi pada wanita yang terletak di panggul, satu di setiap sisi rahim. Ovarium masing-masing adalah tentang ukuran dan bentuk buah kenari. Indung telur memproduksi telur (ova) dan hormon-hormon wanita estrogen dan progesteron. Indung telur adalah sumber utama hormon-hormon wanita, yang mengontrol pembentukan karakteristik tubuh wanita seperti payudara, bentuk tubuh dan rambut tubuh. Mereka juga mengatur siklus menstruasi dan kehamilan.

Apakah kista ovarium?

Kista ovarium yang tertutup, kantung-seperti struktur dalam ovarium yang mengandung zat cair, ataupun setengah padat. “Kista” adalah semata-mata istilah umum untuk struktur yang berisi cairan, yang mungkin atau mungkin tidak mencerminkan tumor atau Neoplasma (pertumbuhan baru). Jika tumor, mungkin jinak atau ganas. Ovarium juga dirujuk sebagai gonad perempuan.

 

Apa yang menyebabkan kista ovarium? Apakah jenis-jenis kista ovarium?

Ada banyak penyebab kista ovarium, dan kista ovarium paling tidak kanker.

  • Kista folikular –: jenis yang paling umum adalah kista folikular, yang hasil dari pertumbuhan folikel. Folikel adalah normal berisi cairan kantung yang berisi telur. Kista folikular – bentuk ketika folikel tumbuh lebih besar daripada normal selama siklus menstruasi dan tidak terbuka untuk melepaskan telur. Biasanya, kista folikular menyelesaikan sendiri selama hari ke bulan. Kista folikular – dapat berisi darah (hemoragik kista) dari kebocoran darah ke dalam kantung telur.
  • Kista corpus luteum: kista Corpus luteum berkaitan dengan siklus menstruasi. Korpus luteum adalah area jaringan dalam indung telur yang terjadi setelah telur telah dibebaskan dari folikel. Jika kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya rusak dan menghilang. Namun, mungkin, mengisi dengan cairan atau darah dan bertahan sebagai kista pada indung telur. Biasanya, kista ini ditemukan hanya pada satu sisi, menghasilkan tidak ada gejala dan menyelesaikan secara spontan.
  • Kista coklat:Endometriosis adalah suatu kondisi di mana sel-sel yang biasanya tumbuh di dalam sebagai lapisan rahim (rahim), sebaliknya tumbuh di luar rahim di lokasi lain. Indung telur adalah situs umum untuk endometriosis. Ketika endometriosis melibatkan ovarium, daerah jaringan endometrium dapat tumbuh dan berdarah dari waktu ke waktu, membentuk kista darah yang penuh dengan isi berwarna merah atau coklat yang disebut endometrioma, kadang-kadang dirujuk sebagai “kista coklat”.
  • Sindrom ovarium polikistik: kondisi yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS) ditandai dengan adanya beberapa kista kecil dalam kedua indung telur. PCOS dikaitkan dengan sejumlah masalah hormonal dan penyebab paling umum Infertilitas pada wanita.
  • Kista dermoid (jinak kistik teratomas): tumor jinak dan ganas ovarium juga mungkin kistik. Kadang-kadang, Jaringan ovarium mengembangkan normal untuk membentuk jaringan tubuh lainnya seperti rambut atau gigi. Kista dengan jaringan abnormal benar-benar adalah tumor jinak kistik teratomas atau kista dermoid.
  • Tubo-ovarium abses: infeksi pada organ panggul dapat melibatkan ovarium dan tuba falopi. Dalam kasus yang parah, penuh nanah kistik ruang mungkin hadir, di, atau di sekitar ovarium atau tabung. Ini dikenal sebagai tubo-ovarium abses.

Kista ovarium komplikasi

Paling ovarium kista jinak dan tentu saja pergi mereka sendiri tanpa pengobatan. Kista ini menyebabkan sedikit, jika ada gejala. Tapi dalam kasus yang jarang terjadi, dokter dapat mendeteksi kanker ovarium kistik massa selama pemeriksaan rutin.

Ovarium torsi adalah kerumitan langka lainnya kista ovarium. Ini adalah ketika sebuah kista yang besar menyebabkan ovarium untuk memutar atau memindahkan dari posisi semula. Suplai darah ke indung telur dipotong, dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan atau kematian ke jaringan ovarium. Meskipun jarang, ovarium torsi rekening untuk hampir 3 persen dari operasi Ginekologi darurat.

Kista pecah, yang juga jarang terjadi, dapat menyebabkan rasa sakit dan pendarahan internal. Komplikasi ini meningkatkan risiko infeksi dan dapat menjadi mengancam kehidupan jika tidak diobati.

 

Mendiagnosis kista ovarium

Dokter Anda dapat mendeteksi suatu kista ovarium selama pemeriksaan panggul rutin. Mereka mungkin melihat pembengkakan pada salah satu indung telur Anda dan memesan tes USG untuk mengkonfirmasi kehadiran kista. Tes USG (ultrasonografi) adalah sebuah tes pencitraan yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar dari organ internal Anda. Tes USG membantu menentukan ukuran, lokasi, bentuk dan komposisi (padat atau cairan diisi) dari kista.

Alat pencitraan yang digunakan untuk mendiagnosis kista ovarium yang meliputi:

  • CT scan: pencitraan perangkat yang digunakan untuk membuat gambar penampang organ tubuh
  • MRI: tes yang menggunakan magnet untuk menghasilkan gambar yang mendalam organ
  • Ultrasound Device: perangkat pencitraan yang digunakan untuk memvisualisasikan indung telur

Karena mayoritas kista menghilang setelah beberapa minggu atau bulan, dokter Anda mungkin tidak segera merekomendasikan rencana pengobatan. Sebaliknya, mereka mungkin mengulangi tes USG dalam beberapa minggu atau bulan untuk memeriksa kondisi Anda.

99dewa – Apa itu Kista Ovarium dan Sumber terpercaya
Rate this post

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *